Jumat, 09 Januari 2009

E-Entrepreneurship

e-Entrepreneurship

Kewirausahaan TI di Indonesia
Penulis: Ekananta - detikinet


e-Entrepreneurship - Entrepreneurship atau kewirausahaan adalah sebuah tema yang cukup menarik untuk dibicarakan dan coba ditekuni oleh beberapa orang karena menjanjikan sebuah kesuksesan karir dan finansial bagi yang berhasil menjalaninya.

Di Indonesia, pembicaraan mengenai entrepreneurship semakin sering terdengar dalam beberapa tahun terakhir ini antara lain dipicu oleh suksesnya penjualan buku "Rich-Dad-Poor-Dad" karangan Robert Kiyosaki yang secara eksplisit menyarankan kepada pembacanya untuk beriwirausaha sebagai bagian untuk memperoleh kebebasan finansial.

Bahkan beberapa pemuda bertutur bahwa mereka ingin menjadi wirausaha dengan mendirikan perusahaan dan memperoleh kebebasan finansial seperti yang disarankan oleh Kiyosaki tanpa menghiraukan bidang apa yang akan mereka terjuni dan hambatan apa saja yang akan mereka temui dalam berwirausaha.

Di samping itu, dunia Information Technology (IT) adalah sebuah dunia usaha dan teknologi yang paling banyak menghasilkan enterpreneur yang sukses baik secara bisnis maupun keuangan. Nama-nama seperti Hewlet-Packard, Bill Gates, Lerry Elison, Steve Jobs, dan Michael Dell merupakan nama-nama pendiri perusahaan di bidang Teknologi Informasi, dan merupakan entrepreneur murni karena mereka memulai usaha yang baru sama sekali dan di usia yang cukup muda.

Melihat kondisi inilah maka tidak heran kalau banyak sekali enterpreneur yang ingin mendirikan usaha dalam bidang IT, bahkan di era dot-com, hampir semua entrepreneur berusaha mendirikan perusahaan dot-com. Seiring dengan berlalunya era dot-com dan dengan jatuhnya banyak perusahaan dot-com, tetap tidak mengurangi semangat para entrepreneur muda untuk mencoba peruntungan mereka dalam dunia IT ini.

Dalam tulisan ini, penulis ingin menyoroti prospek entrepreneurship di bidang IT di negara Indonesia berdasarkan atas pengamatan dan pengalaman yang pernah dijalani penulis dalam membangun dan menjalankan sebuah perusahaan strart-up di bidang IT.

Walaupun usaha yang dilakukan belum pantas untuk disebut sukses, tetapi penulis ingin berbagi beberapa pengalaman yang pernah dialami yang mungkin berguna bagi perkembangan jiwa dan semangat entrepreneurship di Indonesia.


Membangun usaha dalam bisnis IT

Dunia IT merupakan sebuah dunia yang sangat menjanjikan bagi para entrepreneur muda karena sifatnya yang sangat terbuka bagi siapa saja yang berminat memasukinya, bahkan untuk menggambarkan betapa terbukanya bidang ini dinyatakan oleh pernyataan seorang aktor dalam sebuah film fiksi tentang perusahaan IT yang berjudul "Anti Trust" mengatakan bahwa "Every student who works on their garage is potentianly become a competitor in this business".

Setiap mahasiswa yang bekerja dari sebuah garasi di rumahnya untuk membuat perangkat lunak IT berpotensi untuk menjadi pesaing bagi perusahaan yang telah beroperasi terlebih dahulu. Seperti juga sebuah bisnis pada umumnya, jika gampang memasukinya maka gampang pula untuk terlempar keluar dari persaingan, oleh sebab itu pemahaman dan pemilihan dalam membangun sebuah bisnis, khususnya dalam bidang IT sangat menentukan sukses tidaknya usaha tersebut dijalankan.

Walaupun banyak sekali bidang bisnis IT, tetapi pada umumnya bidang usaha yang sering dimasuki oleh seorang pebisnis baru adalah:

- Perusahaan pengembangan perangkat lunak aplikasi (software house).
- Konsultan Implementasi Teknologi Informasi baik itu implementasi hardware maupun implementasi software.
- Distributor dari produk-produk IT, baik hardware ataupun software.
- Training dan pendidikan bidang IT.

Dari keempat bidang ini, muncul berbagai varians dari bisnis IT yang biasanya merupakan bentuk spesialisasi dari keempat bidang usaha tersebut. Untuk sukses dalam bisnis dalam bidang ini faktor yang paling berpengaruh adalah ketepatan memasuki pasar (time-to-market) dan juga kualitas sebuah produk atau solusi yang dimiliki.

Terlambat memasuki pasar berarti akan kehilangan kesempatan menjadi market leader, sedangkan terlalu awal masuk pasar akan dibebani biaya besar untuk melakukan pendidikan pasar. Faktor yang kedua yaitu kualitas dari produk atau solusi yang akan menjamin kesinambungan perusahaan dalam bisnis ini. Kualitas yang jelek akan menyebabkan hilangnya kepercayaan dari pelanggan, walaupun time-to-market nya sudah tepat.

e-Entrepreneurship
Syarat Utama Entrepreneur TI
Penulis: Ekananta – detikinet

e-Entrepreneurship - Catatan Redaksi: Tulisan ini merupakan bagian kedua yang merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya dengan tajuk 'Kewirausahaan Bidang TI di Indonesia'.


Walaupun pilihan bisnis sudah dilakukan dan juga time-to-market sudah dipilih dengan baik, masih terdapat beberapa syarat yang perlu diperhatikan untuk dapat menjamin suksesnya usaha yang dibangun.

Syarat-syarat tersebut meliputi:
- Melakukan pilihan terhadap jenis usaha yang paling dikuasai oleh si entrepreneur baik dalam bidang teknologi ataupun dalam bidang pasar dan pelanggan yang membutuhkan market tersebut.
- Melakukan pillihan pada jenis usaha yang mempunyai prospek pasar yang akan berkembang di masa mendatang. Memasuki usaha yang sudah ada hanya akan menambah ketat persaingan yang pada akhirnya akan mengurangi margin keuntungan usaha.

Untuk menjadi seorang entreprenur, apalagi entrepreneur muda dalam bidang IT, semangat saja belumlah cukup. Diperlukan berbagai keterampilan dan kemampuan dari sang entrepreneur untuk dapat sukses memasuki bidang tersebut.

Beberapa kemampuan utama yang harus dimiliki oleh seorang Entrepreneur dalam bidang IT adalah:

- Kemampuan dalam bidang Penjualan (Salesmanship). Kemampuan ini merupakan kemampuan utama yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur untuk membujuk calon pelanggan dalam menggunakan produk dan solusi yang dimiliki. Kegagalan dalam melakukan kegiatan penjualan maka perusahaan akan mati dan gagal untuk bertumbuh.

- Kemampuan dalam bidang teknis yang cukup baik mengenai produk atau solusi yang ditawarkan. Kemampuan ini akan memberikan jaminan bahwa si entrepreneur mengetahui dengan pasti produk atau solusi yang diberikan dan mampu menjaga kualitas dari produknya untuk kepuasan pelanggan.

- Pemahaman dalam bidang keuangan perusahaan (Accounting, Financial Report, Cash-flow management, dan lain-lain). Kemampuan dalam bidang ini sangat diperlukan untuk dapat melakukan perencanaan dan pengendalian operasi perusahaan. Kegagalan dalam bidang ini akan menjadikan perusahaan mengalami kesulitan keuangan yang berakibat dari gagalnya operasi perusahaan walaupun pada saat yang sama perusahaan memiliki pesanan yang cukup besar.

- Kemampuan dalam bidang Human-Relationship adalah kemampuan yang tidak kalah pentingnya untuk dikuasai oleh seorang entrepreneur. Bidang bisnis IT sangat didominasi oleh manusia baik pembangun solusi ataupun pengguna, bahkan dalam dunia implementasi aplikasi perangkat lunak terdapat sebuah pendapat tak tertulis yang menyatakan bahwa faktor sukses tidaknya sebuah implementasi aplikasi perangkat lunak 20% ditentukan oleh produknya sedangkan 80% lebih ditentukan oleh manusianya yang meliputi programmer, konsultan, manajer proyek, dan juga pengguna akhir. Hal ini menjadi indikator sangat kuat bahwa faktor Human-Relationship sangat berpengaruh dalam kesuksesan entrepreneur dalam bidang IT.

E-Entrepreneurship: Learning in a Simulated Environment

E-business is being heralded as the new economy. However, developments in the area of new online business-to-consumer (B2C) venture creation has been accompanied by varying degrees of success, and it is increasingly recognized that online venture creation does not materialize overnight. E-business development typically follows an evolutionary cycle of initial experimentation with Internet technologies and the transformation of consumer propositions toward the creation of a commercially viable online presence. To enable entrepreneurs to negotiate this new business landscape, Netrepreneur simulates the initial startup phases of e-business creation in the online economy. Through the modeling and electronic simulation of the e-commerce environment, Netrepreneur aims to create a holistic understanding of the entrepreneurial process as well as encourage participants to learn by doing in the simulated virtual world instead of trial and error in the real e-economy. This paper reviews the underpinning entrepreneurial pedagogic requirements for design conceptualization and the integration of the real and virtual business worlds within the Netrepreneur system development. It documents the key factors that academia should consider when designing learning programs and activities for would-be e-entrepreneurs. It is our hope that by showing the background to the development of this product, we will facilitate more of this type of innovation in education

e-entrepreneurship 2006

Silahkan ambil Masa Depan yang lebih baik disini. Berlari , berlomba meraih Kesuksesan. Melangkah bebas tiada batas. SUKSES itu Milik Anda ! Anda adalah bagian dari sebuah kesuksesan itu. Pengangguran , ter - PHK, Mahasiswa , Karyawan Swasta , Pegawai Negeri , seorang BOSS atau Jutawan Sekalipun. Semua memiliki kesempatan , waktu dan ruang yang sama disini. Tinggal tergantung kepada sebuah keputusan..... , Anda mau belajar merubah atau tetap seperti sekarang ?

Bekerja atau Berbisnis harus serius , semangat belajar , Enjoy dan fokus, pantang menyerah. Penghasilan besar , pencapaian sukses akan mengikuti dari kerja keras dan keteguhan hati.

Sebuah realita yang bisa anda nikmati nantinya dari jerih payah anda belajar bekerja di Internet. Dunia Internet adalah tempatnya para Mega Milyuner mencari kekayaan dan Pekerjaan. Orang terkaya No.1 di Dunia yaitu Bill Gates juga berasal dari dunia Internet. Kalau dia , mungkin sekali kedip mata sudah menghasilkan Ribuan US $ dollar. Kalau anda ? ..Yakin Bisa !

Pendidikan adalah sebuah pondasi mutlak bagi sebuah bangsa untuk bisa tetap hidup dan mampu bersaing dengan bangsa lain. Salah satu cara efektif untuk mengembangkan pendidikan adalah berkaca diri terus semangat untuk belajar dan belajar ilmu baru, salah satunya adalah Belajar Dunia Maya / Internet.

Di era teknologi yang semakin maju , Indonesia dihadapkan dengan tantangan besar dimana semua unsur yang mendukung percepatan teknologi Internet belum maksimal / sinkron. Hal ini terbukti sekarang :

1. Pendidikan Tentang Internet.
Pengetahuan tentang internet harus disebarkan secara luas dan aktif , internet tidak saja sebagai alat komunikasi penyebar berita saja, tetapi Internet juga sebagai tempat untuk bekerja , berusaha dan ber - bisnis. Jadi , kalau anda di internet sekadar kirim email, chatting atau baca berita saja , maka tingkatkan lagi ke tahapan untuk mencari penghasilan / Xtra Income.

2. Lowongan Kerja. Banyak nya angka pengangguran yang mencapai kurang lebih 45.000.000 jiwa di seluruh indonesia , dan lebih dari 5 juta jiwa adalah mereka - mereka yang menyandang gelar Sarjana / Lulus Perguruan Tinggi , ini menyedihkan sekali. BURSA KERJA ? Coba kalau mereka tahu akan potensi dan peluang ini ? Pasti akan senang sekali ! Berbondong - bondong menuju Arena Job Fair / Bursa Kerja boleh - boleh saja , tapi INTERNET jangan dipandang sebelah mata.

3. Belum maksimalnya Pemerintah dalam mendukung gerakan sadar IT, Akses Internet masih mahal , Banyak Monopoli tidak sehat , Layanan internet dijadikan ladang bisnis sekelompok perusahaan. Sama sekali bukan melayani Masyarakat kecil. Indonesia sangat tertinggal jauh dari negara Singapura dan Malaysia.

4. Internet adalah sebuah solusi bagi anda untuk menghasilkan Extra Income , dimana anda selalu bertemu dengan permasalahan ekonomi seperti : Naik nya Tarif Telpon, Tarif Listrik , Tarif Air Minum, Tarif Tol , Harga BBM dan Harga Kebutuhan Pokok sehari - hari. Suka atau tidak suka , kita selalu mengalah dengan keputusan yg tidak memihak ini dan pasti akan naik terus. 'Bisnis internet' cukup menjanjikan, 'bisnis online' akan terus tumbuh dengan pesat seiring kemajuan teknologi.

5. Badai Tsunami Teknologi yang akan mengancam Indonesia, jika kita tidak siap maka negara indonesia hanyalah sebagai tempat arena menjual bagi negara - negara lain, sebagai sapi perah, sebagai negara konsumen sejati di Dunia.

Melek Teknologi, Antusias belajar Internet Bisnis itu wajib anda lakukan sekarang juga. ' Apalagi Bapak Presiden SBY pun nggak mau kalah, meluncurkan situs pribadinya sendiri di alamat www.presidensby.info , hal ini setidaknya mengesahkan bahwa belajar Internet itu penting dan sangat perlu buat anda dan masa depan keluarga anda. ' Walaupun akses Internet di indonesia masih relatif mahal, pengguna internet masih sangat sedikit, itu bukan merupakan hambatan, melainkan ini sebuah momentum PELUANG BESAR untuk semua dalam menggapai Peluang Bisnis yang ada.

5 Alasan diatas adalah nyata dan bisa menjadikan alat pemacu anda untuk semangat belajar. Jangan menunda kesempatan , jangan menganggap hal ini sepele. Fokus , gunakan segala energi dan kemampuan anda untuk hal Luar Biasa ini.

Website ini sedikit banyak akan memberikan gambaran kepada anda semua bahwa tidak ada seorangpun yang mampu menolong anda untuk SUKSES kecuali anda sendiri, dan anda adalah seorang yang cerdas , memiliki naluri / instint tajam untuk memulai sebuah perubahan.

PELUANG Bisnis di Internet masih sangat besar sekali. Ada 'Investasi Saham' 'Investasi Valas' 'Network Marketing' 'Waralaba' dan banyak lagi. Sekitar 4.000.000 juta internet user di indonesia akan mulai menggunakan media internet sebagai tempat berbisnis dan bekerja. Bisnis Internet Bisnis Online yang menyenangkan. Peluang Kerja terbesar ada di Internet.

Perhatikan kata - kata mutiara ini , sungguh menggoda dan menarik :

" Jika anda menolak mengambil resiko sejak awal atau permulaan, berarti Anda menolak keberhasilan yang mungkin saja akan Anda nikmati kemudian " - Microsoft Bill Gates

Nah, sekarang manfaatkan Ruang, Waktu dan Energi untuk mencari SOLUSI TEPAT. Pasti solusi kami anda prioritaskan sebagai solusi Kerja / Karir Masa Depan.

Manfaatkan Akses Internet anda di Kantor , di Rumah , di Kampus , di Warnet untuk Peluang Bisnis / Peluang Kerja yang kami muat di situs web ini.

E - ENTREPRENEURSHIP | Peluang Bisnis Terbaik 2007

Selamat Bergabung dalam Dunia Cyber Business


Bisnis Online No.1 di Indonesia. Telah hadir sebuah bisnis besar dengan potensi profit dan pertumbuhan bisnis jangka panjang. Disupport penuh oleh Perusahaan Besar Jamu PT.SIDO MUNCUL Indonesia. Bisnis jaringan Nutrend International dibuka pada bulan agustus 2006 untuk mengajak anda semua terjun bergabung sebagai Wirausaha mandiri di bisnis ini. Raih berbagai manfaat dan penghasilan besar menanti anda.

E ENTREPRENEURSHIP 2006. Perusahaan Besar PT. SIDO MUNCUL Indonesia mengajak anda semua untuk memulai berwirausaha mandiri di Era TI bersama bisnis barunya yaitu Nutrend International.

BEKERJA DARI KANTOR atau RUMAH kapan saja anda suka. Anda yang saat ini terhubung dengan Internet dan membaca informasi ini melalui detik publishing. Anda memiliki potensi besar untuk sukses di Masa Depan bersama bisnis Nutrend International. Berikut ini beberapa alasan positif untuk antusias bergabung :

1. Di support penuh oleh PT.Sido Muncul Indonesia.
Bisnis jaringan Nutrend International didukung sepenuhnya oleh Perusahaan Besar sekelas Sido Muncul. Dengan finansial kuat serta pengelolaan manajemen bisnis secara professional akan menjadikan bisnis Nutrend adalah prioritas bisnis jangka panjang.

2. Produk Nutrend.
Produk produk yang dihasilkan nutrend sangat bermanfaat bagi anda , keluarga serta Masyarakat banyak. Sehingga anda dengan mudah bisa memperkenalkan bisnis usaha ini dan menggunakan produk nutrend untuk membantu sesama menuju hidup sehat dan berkecukupan.

3. Sistem Marketing Plan dengan Bagi Hasil atau kebersamaan.
Menjalankan bisnis nutrend secara bersama dan menghasilkan Income pendapatan besar serta meraih jenjang karir secara manta dan terencana. Penghargaan berupa bonus Wisata Mobil Mewah Ibadah Keagamaan dan Rumah idaman juga disediakan bagi member yang berprestasi.

4. Plan Go Internasional.
Bisnis Nutrend internasional diproyeksikan menjadi bisnis idola di tanah air dan bisa tumbuh pesat berkembang ke manca Negara seperti Malaysia singapura dan Brunei. Andapun memiliki peluang besar mengembangkan bisnis ke berbagai Negara dimana bisnis Nutrend ada disana. Perkembangan bisnis dan penghasilan tanpa batas akan anda nikmati secara berkesinambungan.

5. SOLUSI Wirausaha era E Commerce.

Jika membuka Waralaba harus butuh modal puluhan bahkan ratusan juta. Belum lagi menyediakan tempat , Karyawan dan pengurusan ijin yang memakan waktu lama. Maka bisnis jaringan Nutrend adalah alternative pilihan simple cepat dan modal terjangkau.

Lambat Naik pangkat ? lambat naik Gaji ? Silahkan berkarir di Nutrend di sela sela rutinitas anda sehari hari. Jalankan bisnis ini secara enjoy dan focus disetiap langkah anda. Potensi anda menghasilkan income setara dengan Manager / Direksi anda di kantor bisa terwujud. Sehingga anda tidak akan Stress atau jenuh ketika dihadapkan pada pilihan sulit.

Perusahaan di tempat anda bekerja tidak mungkin menaikkan gaji tiap bulan. Kompetisi persaingan memperebutkan posisi jabatan sangat ketat. Yang menarik di bisnis Nutrend adalah posisi jenjang karir anda tidak akan turun.

Bisnis Nutrend cocok untuk : Karyawan Swasta , Pegawai Negeri , Mahasiswa , Para PHK , Pencari Kerja dan Pengangguran.

BERPIKIR CERDAS. Gunakan kecanggihan Internet untuk berwirausaha di Nutrend. Manfaatkan peluang dan waktu sekarang ini sebaik mungkin untuk Masa depan anda lebih baik dan sejahtera.

DUDUK MANIS DI DEPAN KOMPUTER Jangan beranjak dari meja internet anda. Silahkan lakukan pendaftaran online melalui website mynutrend kami di link dibawah ini :


NuTrend Sido Muncul | Bergabung sekarang Klik disini


Modal awal untuk berbisnis Nutrend cukup Rp.150.000 sampai Rp.600.000 ribu saja

Kami menerima pendaftaran online non stop 24 jam. Proses pembayaran membership melalui Klik BCA M BCA atau Mandiri Internet Banking.

Begitu proses administrasi selesai. Kami akan mengirimkan produk Nutrend ke alamat anda secepatnya.


Pilihlah bisnis NUTREND sebagai jembatan menuju Masa Depan Cerah. Sukses & Kaya bersama bisnis ini. Team kami telah menyiapkan lengkap semua materi tools training dan tips menjalankan bisnis secara online maupun offline.


catatan penting :

POTENSI PANGSA PASAR bisnis ini begitu besar. 20 juta pengguna internet di Indonesia bisa ikut berpartisipasi dalam bisnis Nutrend di Jaringan Group mynutrend.com Ditambah lagi 15 juta komunitas pelaku bisnis jaringan di Indonesia saat ini yang terus tumbuh pesat.

Kami akan selalu aktif mempromosikan bisnis ini di berbagai media online media cetak dan acara seminar presentasi bisnis. Membantu anda secara maksimal untuk sukses bersama.

Bagi anda yang memiliki modal besar. Kesempatan anda untuk membuka stock center bisnis nutrend di Kota anda.

3 Penghalang Kesuksesan Bisnis Online anda

Anda mungkin pernah berkomentar seperti ini: “Rasanya semua tips sudah saya coba, tapi kok bisnis online saya tidak cepat melejit. Apa yang salah?”

Hmm… tenang dulu. Jangan kemudian anda menyalahkan diri lalu menyerah di langkah-langkah awal menuju sukses anda. Di sini saya paparkan tiga hal yang kerap menjadi penghalang anda untuk sukses berbisnis online. Tiga penghalang di bawah ini melengkapi 14 Kesalahan Fatal Bisnis Internet yang pernah anda baca.

1. Berorientasi jangka pendek.
Bisnis online memang bisa menghasilkan uang berlimpah dalam waktu cepat. Dan karena itu biasanya banyak orang gampang tergoda untuk berorientasi jangka pendek. Misal hanya dalam waktu satu, tiga, atau enam bulan sudah berharap mampu menghasilkan sukses luar biasa.

Celakanya bila berorientasi semacam ini, biasanya ketika harapan tak kunjung terwujud yang terjadi adalah rasa frustasi mendalam yang kemudian membuat angkat tangan berbisnis online.

Memang ada yang bisa meraih sukses secepat kilat. Tapi itu hanya segelintir orang yang dianugerahi banyak keberuntungan. Karena saya tak tertarik berbicara soal keberuntungan, maka saya akan tekankan pada anda perlunya orientasi jangka panjang dalam berbisnis online.

Ketika saya berencana memulai sebuah bisnis online, saya tidak pernah mengharapkan sukses datang dalam satu, dua, atau enam bulan. Jangka waktu itu terlalu singkat. Yang paling logis paling tidak dalam satu tahun. Karena kita perlu melakukan penetrasi pasar, mengenalkan produk kita ke orang-orang, memperluas jejaring promosi kita di dunia maya, dan banyak hal lainnya.

Dan dalam tahun pertama ini merupakan tahap penting. Karena disitulah diri kita diuji untuk terus bertahan menjalankan bisnis ini, untuk terus konsisten melakukan berbagai aktivitas mendorong bisnis online. Bila tidak kuat, akibatnya seperti saya sebut di atas, kita gampang angkat tangan!

Ketika memulai suatu bisnis online, sering saya ibaratkan seperti membesarkan bayi. Dibutuhkan banyak waktu dan kesabaran yang melimpah. Serta selalu memberikan perhatian tanpa henti. Setiap “merawat”-nya, dalam hati saya selalu tumbuh keyakinan bahwa bisnis ini akan terus berkembang makin besar dan semakin kuat.

Sebab itu pula, saya tak mau berharap lebih. Kalau bayi yang baru berusia dua bulan sudah bisa berjalan, berlari-lari, atau bahkan melompat-lompat seperti orang dewasa, tentu bisa sangat menakutkan! Saya hanya berharap prosesnya berjalan sesuai masanya.

Juga selalu saya biasakan berpikir jauh ke depan. Setiap keputusan yang saya buat saat ini, selalu saya pikirkan dampaknya bisa bekerja maksimal dalam tiga sampai lima tahun mendatang. Bahkan untuk keputusan-keputusan besar, saya pikirkan lebih jauh lagi, bisa 10-20 tahun ke depan.

Pesan singkat saya, jika anda ingin sukses berbisnis online, berorientasilah jangka panjang. Bukan hanya dalam hitungan bulan, tapi dalam jangka beberapa tahun mendatang.

2. Gagal mengoptimasi.
Bisnis online selalu bersandar pada proses yang berjalan tanpa henti. Sebagian proses digerakkan manusia, sebagian lagi dijalankan oleh teknologi. Sementara makin lama, perkembangan teknologi berlari kian cepat. Di situlah dibutuhkan kesediaan diri kita untuk selalu membuka mata dan telinga. Agar perkembangan teknologi tadi dapat kita sesuaikan dengan bisnis online kita.

Misalkan anda menyandarkan bisnis online anda pada affiliate program. Anda tinggal mengikuti bagaimana perkembangan bisnis affiliate program terkini dan menerapkannya dalam affiliate program anda.

Cara paling mudah untuk mengetahuinya dengan mencari informasi lewat search engine. Misal ketik “affiliate program improvement” atau kata lainnya. Kemudian jangan lupa menerapkannya secara berlanjut pada affiliate program anda.

Optimasi yang sama bisa anda terapkan pada fokus aktivitas yang ingin anda lakukan. Misalkan untuk menggenjot Adsense, coba cari dengan “adsense optimization”. Atau untuk meningkatkan marketing, bisa dengan “marketing improvement”.

Prinsipnya, jangan pernah berhenti merawat bisnis online anda. Coba berbagai macam cara untuk terus mengembangkannya. Serta lakukan secara berlanjut. Meski hanya satu jam sehari, tapi hasilnya akan melebihi yang pernah anda bayangkan nantinya.

3. Gagal memasarkan secara efektif.

Terjun ke bisnis online berarti anda harus mau belajar tentang marketing. Sebab, pesat tidaknya bisnis online anda bergantung seberapa besar anda bisa memasarkan produk anda.

Tak harus lewat pendidikan formal untuk mempelajari marketing. Anda bisa baca buku atau belajar dari marketer sukses. Mengikuti seminar tentang marketing atau mendengarkan audio tentang internet marketing juga bisa anda lakukan. Bergabung di forum-forum tentang marketing menjadi cara lainnya. Dengan belajar marketing, anda bisa tahu bagaimana memasarkan produk atau jasa anda kepada orang yang tepat, lewat jalur yang tepat, dan pada saat yang tepat.

Marketing bukan cuma soal beriklan. Tapi intinya bagaimana agar banyak orang tahu tentang produk anda. Anda bisa melakukannya dengan aktif berkomentar di blog lain, menulis artikel, bertukar link dengan blogger lain, dan banyak hal lainnya.

Yang pasti, jangan pernah ragu-ragu untuk menceritakan produk anda kepada orang lain. Yakinlah bahwa produk anda memang sangat bernilai dan dibutuhkan orang lain.

Ayo tetap semangat berbisnis online!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar